Corona

Apresiasi Vaksinasi Booster secara Gratis, Pimpinan Komisi IX Minta Pendataan Dirapikan

Wakil KetuaKomisi IXDPR RI, Emanuel Melkiades LakaLena, mengapresiasi langkah pemerintah yang telah memulaivaksinasiboostersecara gratis pada hari ini, Rabu (12/1/2022). Meski demikian, Melki memberikan catatan soal data vaksinasi yang harus dibenahi agar vaksinasiboosterdapat dilaksanakan secara efektif. "Secara teknis nantinya Kementerian Kesehatan mesti mulai mempersiapkan dengan baik berbagai kebutuhan kebutuhan di lapangan yang dibutuhkan, terutama dan paling mendasar terkait dengan bagaimana merapikan betul soal data vaksinasi yang kita miliki dari seluruh Indonesia," kata Melki kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Menurut Legislator Partai Golkar itu, pendataan tersebut mesti dilakukan secara terus menerus. "(Pendataan) memudahkan kita untuk nantinya langsung menjangkau pada orang per orang yang sudah melaksanakan vaksinasi kedua untuk bisa mendapatkanbooster," kata dia. "Kelompok masyarakat rentan (juga didata) yang memang karena kondisi, karena pekerjaan, karena situasinya, memang perlu juga segera mendapatkanbooster, juga perlu segera diformulasikan untuk segara diberikan vaksinasiboosteryang kita miliki," pungkasnya.

Sebelumnya, PresidenJokoWidodo (Jokowi) memastikan bahwa pemerintah akan melaksanakanvaksinasitahap kertiga atauBoosterpada 12 Januari 2022. Menurut Presiden, upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid 19 yang terus bermutasi. "Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerimavaksinasiketiga ini adalah calon penerima sudah menerimavaksinCovid 19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya," kataJokowisaat konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Presiden juga mengatakan,vaksinasiboosterini akan diberikan kepada masyarakat secara gratis. Pasalnya,Jokowimenegaskan, bahwa keselamatan rakyat adalah hal yang utama. "Saya telah memutuskan pemberianvaksinketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi, saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," tegasJokowi.

Kepala Negara juga mengingatkan masyarakat tetap berdisiplin menjaga protokol kesehatan, meski telah divaksinasi. "Meski sudah divaksin saya ingatkan masyarakat disiplin prokes menjaga jarak cuci tangan karenavaksinasidan disiplin prokes merupakan kunci atasi pandemi," ucapJokowi. Sebagai informasi,vaksinketiga atauboosterakan diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkanvaksindosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.

Diketahui, pelaksanaannya dimulai pada Rabu (12/1/2022). Vaksinasiboosterdiberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Adapun jenisvaksinyang digunakan merk Corona Vac (Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.