Metropolitan

Kebakaran di Sawah Besar Hanguskan 3 RT, DPRD DKI Minta Dinas Gulkarmat Tingkatkan Response Time

Sebanyak tiga RT pada RW 09, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat jadi korban kebakaran. Sedikitnya ada tiga rumah di RT 5, 28 rumah di RT 6, dan 15 rumah di RT 7 yang ludes dilalap sijago merah, pada Kamis (27/1/2022) kemarin. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta. Guna mencegah kebakaran di pemukiman padat terulang, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono meminta Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI untuk meningkatkan response time.

Meliputi melengkapi berbagai kebutuhan sarana/prasarana penanggulangan kebakaran, termasuk penambahan mobil pemadam kebakaran. Selain itu, Dinas Gulkarmat juga diminta menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) bagi masyarakat. "Dalam penanganan kebakaran di permukiman padat penduduk dan permukiman kumuh, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini harus bisa menyediakan APAR bagi masyarakat, memprioritaskan pemeliharaan hidran serta membentuk relawan di tingkat RT," kata Mujiyono kepada wartawan, Senin (31/1/2022).

Lebih lanjut, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta ini mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Sawah Besar. "Sesuai pesan Ketum AHY, kader Partai Demokrat harus bisa membantu meringankan beban masyarakat, terutama yang terkena bencana," katanya. Mujiyono menyebut bantuan yang diberikan juga menyangkut kebutuhan sekolah bagi anak anak yang rumahnya terdampak kebakaran, berupa tas sekolah, buku, pulpen, pensil, rautan, penggaris dan keperluan belajar lainnya.

Selain itu, juga diberikan bantuan berupa terpal, air mineral, biskuit, makanan siap saji, masker, handsanitizer hingga uang tunai. Adapun bantuan tersebut dihimpun oleh DPD Partai Demokrat DKI Jakarta dari sejumlah pihak meliputi Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Melani Leimena Suharli dan para kader DPD Partai Demokrat DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.